Direkt zum Hauptbereich

Fakta: Bahasa Jerman

Hallo! Guten Tag! Wie geht's Ihnen? Ich heisse Raden Ilham und komme aus Tasikmalaya. 

Itu lah sedikit penggalan perkenalan dari saya menggunakan bahasa yang pernah saya pelajari di SMA dan di bangku kuliah. Bahasa Jerman, atau Deutsch. Ada banyak sekali alasan bagi saya untuk mempelajari bahasa asing terutama bahasa Jerman. Salah satunya adalah karena saya sangat tertarik dengan berbagai budaya di dunia, dan bahasa adalah pintu yang paling baik untuk mempelajari budaya suatu bangsa.

Namun tahukah Anda? Ada banyak fakta dari Bahasa Jerman itu sendiri. Berikut 10 fakta Bahasa Jerman yang saya kutip dari BBC.

sumber: Google

1. Dimana Jerman dipakai?

Jerman adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di Uni Eropa dan merupakan bahasa resmi di Jerman, Austria dan Liechtenstein. Bahasa Jerman juga menjadi salah satu bahasa resmi Swiss dan Luksemburg.Ada wilayah lain yang menggunakan bahasa Jerman tersebar di seluruh Eropa, seperti di Provinsi Bolzano-Bozen di Italia Utara dan bagian Timur dari Belgia, serta masyarakat di Eropa Timur, Amerika Utara dan Selatan.

2. Apa yang sudah Anda ketahui tentang Jerman?


Ada sejumlah kata dalam bahasa Jerman berasal yang masuk ke dalam bahasa Inggris. Seperti Schadenfreude, Kindergarten, Zeitgeist, Angst, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya kata-kata dari bahasa Jerman diserap oleh bahasa Inggris, bahasa Jerman pun menyambut bahasa Inggris dengan tangan terbuka. Ada kata-kata baru yang dimasukkan ke dalam sistem tata bahasa, bahkan terkesan secara paksa. Kebanyakan dipakai oleh anak muda. Mereka menyebutnya Denglisch, atau bahasa Denglish, (D untuk Deutsch, bahasa Jerman).

Ingin tahu sedikit
Denglisch?

die Airconditioning - AC
babysitten - menjaga bayijoggen - pergi jogging atau laridas Handy - ponselder Showmaster - host TV

3. Seberapa sulit untuk mempelajarinya?

Jerman dianggap sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari oleh pelajar, dengan kata-kata yang panjang dan berliku, empat akhiran kasus kata benda, tiga jenis kelamin gramatikal, serta pengucapan yang akan membuat mulut Anda berotot. 


Di sisi lain, karena bahasa Inggris dan Jerman terkait, Anda dapat menemukan sejumlah kesamaan yang mungkin menjadikannya lebih mudah untuk dipelajari. Juga, kata majemuk yang sangat menyenangkan untuk dipelajari serta tata bahasa yang cukup logis. 

Jerman adalah bahasa yang sangat deskriptif. Kata benda, khususnya, sering menggabungkan objek dengan aktivitas.

der Staubsauger - vacuum cleaner atau penyedot debu, terdiri dari kata benda Staub (debu) dan
kata kerja saugen (menghisap).

das Fernsehen - televisi, menggabungkan kata-kata fern (jauh) dan sehen (melihat).

4. Kata-kata yang paling sulit dan menggoyang lidah

Kata-kata dalam bahasa Jerman bisa sangat panjang, tapi anggaplah sebagai tantangan. 

Wachstumsbeschleunigungsgesetz - Tindakan Percepatan Pertumbuhan
Abwrackprämie - Pengerukan
Fischers Fritze fischte frische Fische
- Nelayan Fritz memancing ikan segar.

5. Tahu lelucon Jerman?

Warum dürfen Pausen in Ämtern nie länger als 60 Minuten dauern?
Damit man die Beamten nicht jedes Mal neu anlernen muss.


Mengapa PNS tidak diperbolehkan untuk mengambil satu jam istirahat?Karena tidak ada cukup waktu untuk melatih mereka lagi dan lagi.

Was ist das ideale Geschenk für's Beamtenbüro?
Ein Bewegungsmelder!

Apa kado atau hadiah yang ideal untuk Kantor Pegawai Negeri?Sebuah detektor gerak.

6. Jika saya belajar bahasa Jerman, bisakah bahasa ini membantu saya untuk belajar bahasa lain?

Saudara terdekat bahasa Jerman adalah bahasa Belanda dan -percaya atau tidak- bahasa Inggris. Jerman duduk pada lengan Jerman Barat dari keluarga bahasa Indo-Eropa, bersama dengan bahasa Inggris, Belanda dan Flemish, Frisian, Yiddish, Afrikaans dan Luksemburg. 

Ada kesamaan tertentu dalam tata bahasa, sintaksis dan kosakata dengan bahasa Norwegia, Swedia, Denmark dan Islandia yang, bersama-sama dengan bahasa Faroe, di antara bahasa Jermanik Utara. 

Jika Anda tertarik pada bahasa Jermanik Timur, Anda bisa juga bisa mempelajari bahasa Gothic atau Vandalic, meskipun keduanya sudah lama punah.

7. Apa yang seharusnya tidak dikatakan dan lakukan?

Wie geht's? - Bagaimana kabarmu?  

Ajukan pertanyaan ini dan dapatkan jawaban yang jujur dari informasi tentang pikiran teraktual dari seseorang. Orang Jerman umumnya tidak memiliki masalah untuk berbicara secara terbuka tentang fungsi atau keadaan tubuh mereka, tetapi jika mereka mengucapkan "Gute Fahrt", itu berarti mereka berharap perjalanan Anda berlangsung dengan baik.

Ada banyak kata-kata yang tidak seperti yang terlihat dalam bahasa Inggris. 

Kata "fast" dalam bahasa Jerman berarti 'hampir' dan "after" berarti rektum.  "bald" bukan berarti orang berkepala pelontos, melainkan 'secepatnya' seperti dalam kalimat "Ich komme bald." yang berarti 'Saya datang secepatnya."

8. Kutipan-kutipan Terkenal

Bahasa Jerman terkenal sebagai bahasa para Pujangga (Sastrawan) dan Pemikir. Salah satu yang memiliki nama besar adalah Johann Wolfgang von Goethe (1749-1832). Karya dramanya yang berjudul Faust I (1808) dianggap sebagai karya terbesar dan harta nasional, juga sebagai sumber dari banyak kutipan yang ada sekarang.

9. Publikasi PertamaBuku tertua yang ditulis dalam bahasa Jerman mungkin berjudul Abrogans, sebuah naskah kamus abad ke-8, terjemahan dari bahasa Latin ke bahasa Jerman Lama (Althochdeutsch). Satu salinan masih bertahan dan disimpan di perpustakaan St. Gallen di Swiss.Salah satu karya sastra tertua adalah Hildebrandslied, lagu dari Hildebrand, berasal dari abad ke-9. Karya ini adalah syair atau nyanyian heroik, menceritakan pertemuan tragis dalam pertengkaran antara anak, Hadubrand, dan ayah tidak diakuinya, Hildebrand.10. Bagaimana untuk bersikap sopan dan menunjukkan rasa hormat?Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa yang membedakan antara situasi formal dan informal, terutama ketika berada dalam situasi bisnis. Selalu gunakan bentuk formal Sie untuk orang yang baru Anda kenal dan hanya beralih ke bentuk informal Du jika diminta untuk melakukannya. 
Cari aman saja dan panggil orang yang tidak Anda kenal dengan Herr (Tuan) atau Frau (Nyonya) diikuti dengan nama keluarga mereka. Fraulein bisa digunakan untuk memanggil seorang wanita yang belum menikah. Namun itu sangat jadul.Bahasa Jerman sangat membedakan antara situasi bekerja dan bermain. Jabat tangan yang tegas adalah ucapan salam resmi yang tradisional. Dalam aturan yang lebih informal, katakan saja Hallo dan dengan salam pipi, yang sudah menjadi tradisi di antara wanita bersama dengan teman-teman mereka, baik laki-laki atau perempuan. Tapi salam pipi ini tidak begitu banyak ditemukan di antara teman-teman pria, yang lebih memilih menepuk bahu.Gelar masih sangat penting, jadi jangan terkejut menemukan banyak orang di Jerman menyebut diri mereka Doktor, Profesor, dan lain sebagainya. Orang lain biasa memanggil mereka dengan Herr/Frau Doktor, Herr/Frau Professor, dan lain sebagainya.

Kommentare

Beliebte Posts aus diesem Blog

Bagai Katak dalam Tempurung

Mungkin Anda sudah mengetahui pepatah Bagai katak dalam tempurung . Pepatah ini begitu populer. Tapi, apa yang akan saya sampaikan adalah model barunya. Iya, arti dari pepatah ini adalah orang yang wawasannya tidak terlalu luas. Ia tidak tahu situasi lain, selain di sekitar tempatnya berada saja. Kesannya, orang seperti ini adalah orang yang tidak gaul. Namun tahukah Anda, bahwa orang gaul pun bisa memiliki sifat yang sama dengan apa yang dikatakan pepatah ini? Yup, orang yang merasa gaul dan suka membaca tidak terbebas dari kemungkinan menjadi orang seperti dalam pepatah ini. Bisa jadi, Anda pun termasuk di dalamnya . Silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahui apakah Anda termasuk dan solusinya untuk mencegah dan keluar dari sikap seperti ini. Apa itu tempurung? Bagai katak dalam tempurung , artinya si katak tidak bisa melihat dunia luar karena dibatasi oleh tempurung. Jadi makna yang lebih mendalam dari pepatah ini ialah hidup yang dibatasi. Ya

Ini 5 Alasan Banyak Situs Pake Warna Biru

Nyadar gak sih, banyak situs-situs internet suka banget pake warna biru? Facebook, Twitter, detik.com, dan lain sebagainya dominan pake warna biru. Awalnya saya pikir yang bikin situs-situs ini waktu kecilnya seneng sama Power Ranger Biru, atau mereka berdarah biru, atau cuma suka warna biru aja. Kita semua pasti udah tau Facebook berwarna dominan biru dikarenakan sang pedirinya, Mark Zuckerberg, memiliki kelainan pada matanya, di mana warna biru menjadi warna paling mencolok yang bisa ia lihat dibanding warna lainnya. Namun ternyata, ada berbagai fakta lain dibalik pemilihan warna dominan biru pada sebuah situs di internet. Berikut saya kutip dari situs JalanTikus.com, yang tidak memakai warna dominan biru :D